9 Kota Tempat Wisata di Bali, Sajian Lengkap Pulau Dewata

Tempat Wisata di Bali

Bali, jika menyebut kata tersebut pastilah yang langsung terbersit dalam benak adalah “wisata”.




Bali memang sudah terkenal seantero dunia, tidak hanya di Tanah Air saja. Siapa yang tidak pernah dengar Pantai Kuta? Tanah Lot? Legian? Seminyak? Ada masih banyak lagi nama lain. Meski belum pernah ke Bali sekalipun tetapi pastilah orang sudah tidak asing lagi dengar nama-nama tersebut, bukan?

Dengar total luas wilayah lima ribuan kilometer dan total penduduk sekitar hampir empat juta, tak mungkin mengelilingi Pulau Bali hanya dalam sehari. Perlu beberapa hari dan bahkan lebih dari itu untuk bisa mengunjungi beragam tempat wisata di Bali yang ada disana.

Nah, kamu yang sudah pernah atau belum sama sekali injakkan kaki di pulau yang disebut sebagai Pulau Dewata ini – yuk, mari lihat destinasi wisata Bali apa saja yang akan memikat pengunjung. Bahkan mungkin, beberapa tempat wisata di Bali berikut bisa jadi belum pernah kamu dengar!

Sebagai pengingat, meski terkenal cukup “bebas” karena ada banyak turis dari luar negeri di Bali – sebetulnya Pulau Bali masih sangat kental dengan budaya dan agama. Agama Hindu menjadi salah satu agama yang paling banyak dianut di Provinsi Bali. Tak heran kamu akan temukan banyak pura dan bangunan-bangunan keagamaan. Jadi, bersikaplah tetap sopan ketika berada di Bali, ya.

9 Kota Provinsi di Bali, Semua Sajikan Objek Wisata nan Mengagumkan

Secara administratif, Bali memiliki 9 kota/kabupaten termasuk wilayah ibukota provinsi tersebut. Wilayah tersebut meliputi: Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Tabanan serta Kota Denpasar sebagai ibukota Provinsi Bali.

Masing-masing daerah tersebut tak ada yang tak menyimpan potensi wisata, mulai dari wisata alam, religi, sejarah, budaya serta kesenian dan lainnya. Semuanya ada. Tak heran pariwisata Bali secara provinsi keseluruhan sangatlah maju.

Kabupaten Badung Bali yang Sudah Tersohor

Mari mulai dari kabupaten yang sudah sangat terkenal ini. Tadi disebutkan bahwa Kuta, Legian dan Seminyak adalah nama-nama daerah paling dikenal di Bali. Nah, nama-nama tersebut adalah objek wisata di Bali yang berada di kabupaten Badung. Bandara Udara Ngurah Rai pun terletak di kabupaten tersohor ini.

Nah, jika sudah sampai di Kabupaten Badung, yuk eksplor beragam wisata Bali yang terkenal ini:

  1. Pantai Kuta
  2. Pantai Kuta memang sudah sangat mainstream tetapi barang tentu wajib pula ke sini. Tidak sah rasanya kalau kamu tak menyambangi Kuta – sekali seumur hidup – kalau berkunjung ke Pulau Bali. Keindahan sunset menjadi daya tarik Kuta serta ombaknya yang cocok bagi para peselancar. Mimin saja ga bosan-bosan melihat indahnya sunset di Pantai Kuta ini.

    Pantai Kuta Pulau Bali
    Sunset di Pantai Kuta
  1. Pura Uluwatu
  2. Ingin nikmati nuansa religius? Maka Pura Uluwatu yang ada di Kecamatan Kuta adalah salah satu tempat wisata di Bali yang tepat untuk itu. Di sana tidak hanya menikmati pemandangan pura dan sunset saja tetapi kamu juga bisa melihat atraksi menarik seperti Tari Kecak dan Fire Dance. Selain itu, ada cukup banyak kera liar disana yang bisa lihat. Tapi hati-hati ya karena mereka suka usil.

    Sunset Uluwatu Temple
    Sunset dari atas Pura Uluwatu
    Kecak Dance and Fire Dance Uluwatu
    Kecak Dance and Fire Dance. Pic by virustraveling.com

    Silahkan cek paket Full Day Tour Uluwatu di Qemana.com

  1. Ground Zero Monument
  2. Bicara Bali tidak akan lekang mengenai peristiwa bom bali yang terjadi tahun 2002 silam. Nah, kini, terdapat Monumen 12 Oktober atau biasa disebut Ground Zero Monument yang wajib kamu sambangi di Bali. Setiap tahun bahkan ada upacara peringatan bagi para keluarga korban. Biar liburan ke Bali lebih bermakna dan lebih ingat sejarah, tempat ini sangat wajib kamu datangi, ya.

Ada banyak lagi sebenarnya tempat wisata di Badung Bali yang harus kamu kunjungi. Beberapa lainnya adalah Pura Taman Ayun, Pantai Dreamland, GWK alias Garuda Wisnu Kencana, Desa Wisata Baha sampai dengan Pantai Batubolong. Yang terakhir disebut, Pantai Batubolong adalah salah satu tempat wisata di Bali yang kami rekomendasikan bagi kamu yang senang dengan fotografi. Pantai yang berada di Canggu, Badung, ini menawarkan eksotisme yang begitu memikat khususnya sore menuju malam.
 
[tg_divider style=”totop”]
 

Kabupaten Bangli Bali, Tak Ada Pantai Danau pun Jadi

Bangli menjadi satu-satunya kabupaten yang ada di Bali yang tak punya pantai sama sekali. Ini karena lokasinya yang dikelilingi daratan. Meski demikian, daerah yang memiliki wilayah luas 520 km ini memiliki pesona yang sungguh bikin khusyuk. Kawasan Gunung Batur adalah salah satunya. Kamu tak akan bisa menolak pesona kawasan ini, bahkan tak terlupakan dan ingin kembali lagi ke sana.

  1. Kawasan Gunung Batur
  2. Berada di ketinggian 1.500 m di atas permukaan laut, Gunung Batur merupakan gunung kedua tertinggi di Bali setelah Gunung Agung. Di kawasan ini terdapat pula Danau Batur. Oh ya, kawasan Gunung Batur cukup dingin, lho!

    Di sini juga terdapat beberapa objek wisata lainnya, seperti Desa Trunyan yang cukup menguji nyali. Di desa ini terdapat pemakaman dimana jenazah tidak dimakamkan melainkan ditempatkan di keranda kayu yang kemudian ditaruh di bawah pohon. Dipercaya bahwa di desa tersebut merupakan asal Hindu asli yang diwariskan oleh Kerajaan Majapahit, yaitu Hindu Trunyan.

  1. Toyo Bungkah
  2. Ah! Toyo Bungkah ini salah satu tempat wisata di Bali yang jadi favorit mimin. Tempat ini benar-benar harus kamu kunjungi. Pemandian air panas mungkin sangat biasa. Namun, pemandian air panas Toyo Bungkah ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Selain itu, lokasinya yang berada di kaki gunung tentu saja menyajikan pemandangan kawasan Pegunungan Batur nan indah! Wajib datang deh.

  1. Air Terjun Dusun Kuning
  2. Yang pasti ada ‘sejuta’ air terjun di Bangli. Semisalnya saja Air Terjun Dusun Kuning. Berada di ketinggian 25 meter di atas permukaan sungai, air terjun ini memberi kesegaran saat di Bangli. Jangan lupa untuk patuhi beberapa norma di kawasan ini, ya. Selain Dusun Kuning, ada pula Air Terjun Slau dan Air Terjun Tukad Cepung.

Nah, selain beberapa destinasi di atas, Bangli juga punya beberapa tempat wisata Bali lainnya yang wajib dikunjungi saat ke Kabupaten Bangli. Sebut saja Museum Geopark Batur, Bukit Demulih, Kaldera Gunung Batur, Desa Penglipuran, Desa Purbakala Batukaang, Pura Dalem Langgar dan Pura Kehen. Kawasan Bangli akan bikin kamu lebih ‘khusyuk’ menyadari betapa indah ciptaan Yang Maha Kuasa. Keheningannya bikin kita lebih memaknai hidup saat liburan ke Bali.

Berikut daftar detinasi lengkapnya:

[one_third_bg bgcolor=”#ff8000″ fontcolor=”#ffffff” padding=”20px”]
1. Toya Bungkah
2. Air Panas Penelokan
3. Air Terjun Dusun Kuning
4. Air Terjun Slau
[/one_third_bg]

[one_third_bg bgcolor=”#ff8000″ fontcolor=”#ffffff” padding=”20px”]
5. Danau Batur
6. Danau Beratan
7. Danau Tamblingan
8. Desa Penglipuran
[/one_third_bg]

[one_third_bg bgcolor=”#ff8000″ fontcolor=”#ffffff” padding=”20px”]
9. Desa Batukaang
10. Pura Dalem Jawa
11. Pura Kehen
12. Trunyan
[/one_third_bg]
 
[tg_divider style=”totop”]
 

Kabupaten Buleleng Bali, Pantai Lovina dengan Lumba-lumbanya Ada di Sana

Yap! Kalau kamu penasaran dengan Pantai Lovina Bali yang sempat santer beritanya mengenai lumba-lumba yang ramai di sana maka Buleleng adalah lokasinya. Buleleng berada di utara Bali dan menguasai sebagian besar pantai utara pulau tersebut. Meski tak sepopuler daerah lain di Bali namun Buleleng menyimpan tempat wisata di Bali yang cukup unik. Mari kita telusuri!

  1. Pantai Lovina
  2. Sebagaimana sudah disebutkan di sub-judul tulisan ini, Pantai Lovina yang terkenal dengan lumba-lumbanya ternyata berada di kabupaten Buleleng. Berada sekitar 7 kilometer saja dari ibukota Buleleng, Singaraja. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pagi-pagi, semarak pasir putih kehitam-hitaman bercampur karang semakin eksotis dengan munculnya para lumba-lumba.

  1. Danau Buyan
  2. Tak hanya pantai saja, Buleleng juga menyimpan danau yang begitu indah dipandang! Danau Buyan berada di Sukasada, Buleleng, menawarkan pemandangan hijau dengan air danau yang cantik. Oh ya, tidak ada boat di sini melainkan perahu-perahu kecil saja. Jadi, pengalaman liburan di sini benar-benar terasa asri karena keaslian daerah Danau Buyan tersebut. Sebagai informasi juga, Danau Buyan diapit danau lainnya yaitu Danau Tablingan dan Danau Bratan (secara administratif berada di Kabupaten Tabanan). Danau Buyan sendiri merupakan danau terbesar dibandingkan dengan dua danau lainnya.

  1. Pulau Menjangan
  2. Berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat atau TNBB, Menjangan berada sekitar 60 km dari Pantai Lovina. Kamu harus terlebih dahulu menyeberang melalui Pelabuhan Lalang.

    Apa yang unik dari Menjangan sehingga harus berkunjung kemari ketika wisata ke Bali? Hamparan pasir putih sudah pasti. Kemudian, keanekaragaman hayati bawah lautnya juga yang ga bikin hayati lelah. Namun, yang lebih unik lagi, terdapat cukup banyak rusa liar! Oleh karena itu, pemerintah Bali mendirikan TNBB. Istilah “Menjangan” sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa berarti rusa atau kijang.

Beberapa tempat wisata di Bali lainnya yang harus kamu kunjungi ketika berada di Buleleng, antara lain: Air Panas Banjar Singaraja, Kolam Renang Air Sanih yang melegenda, Air Terjun Gitgit serta tentu saja mengelilingi Taman Nasional Bali Barat.
 
[tg_divider style=”totop”]
 

Kabupaten Gianyar yang Mengedepankan Desa Alami dan Asri Khas Bali

Gianyar adalah salah satu daerah terpopuler lainnya di Bali. Tahu Ubud atau Pasar Sukawati serta pedesaan lainnya di Bali? Desa-desa terkenal tersebut berada di Gianyar. Tak heran mengapa Gianyar memang identik dengan pedesaan alami dengan budaya yang kental. Kamu akan banyak berinteraksi dengan budaya, adat-istiadat serta kesenian dan filosofi Bali di sini. Ya, ibarat sedang mendalami novel “Eat, Pray and Love”- lah.

  1. Desa Ubud
  2. Sebenarnya ada banyak pedesaan yang harus kamu eksplor ketika berada di Kabupaten Gianyar. Sebut saja Desa Batubulan, Desa Batuan, Desa Celuk dan Desa Mas. Namun, memang, Desa Ubud adalah salah satu desa yang paling dikenal bahkan seantero dunia. Beragam objek wisata bertajuk seni dan budaya ada di Ubud. Beberapa di antaranya adalah Museum Rudana, Museum Puri Lukisan, Puri Agung Ubud, Wanara Wana atau dikenal sebagai Hutan Kera yang begitu sakral serta wisata Arung Jeram. Kemudian, jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Seni Ubud.

    Silahkan cek Paket Full Day Tour Ubud di Qemana.com

  1. Bali Bird Park
  2. Berada di Desa Batubulan, Bali Bird Park atau atau dikenal sebagai Taman Burung Bali adalah objek wisata di Bali yang sudah sangat familiar di telinga wisatawan domestic maupun mancanegara. Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki banyak koleksi burung langka. Harus ke sini, ya, ini karena Bali Bird Park bisa disebut sebagai salah satu ikon Bali juga.

  1. Pasar Seni Sukawati
  2. Yap! Bicara Gianyar memang tidak lengkap jika kamu tidak wisata belanja di sini. Jadi, mampirkan diri ke Pasar Seni Sukawati yang berada di Kabupaten Gianyar. Di sini kamu bisa cari oleh-oleh khas Bali yang nantinya dibawa pulang. Pun beragam barang-barang kesenian yang sangat menarik ada di Sukawati.

Selain tempat wisata Bali yang telah disebutkan barusan, Gianyar juga menghadirkan beragam pemandangan spektakuler lainnya. Ada Hidden Canyon Beji Guwang yang sedang hits! Ada Air Terjun Tegenungan, Bali Safari, Sungai Ayung, Goa Gajah dan tentu saja pantai, yaitu Pantai Lebih.

Berikut daftar detinasi lengkapnya:

[one_third_bg bgcolor=”#ff8000″ fontcolor=”#ffffff” padding=”20px”]
1. Air Terjun Tegenungan
2. Air Terjun Goa Rang Reng
3. Bali Bird Park
4. Bali Safari & Marine Park
5. Bali Zoo
6. Campuhan Ridge Walk
7. Desa Wisata Batuan
[/one_third_bg]

[one_third_bg bgcolor=”#ff8000″ fontcolor=”#ffffff” padding=”20px”]
8. Desa Wisata Batubulan
9. Desa Wisata Celuk
10. Desa Wisata Mas
11. Goa Gajah
12. Gunung Kawi
13. Hidden Canyon
14. Monkey Forest
[/one_third_bg]

[one_third_bg bgcolor=”#ff8000″ fontcolor=”#ffffff” padding=”20px”]
15. Pasar Sukawati
16. Pantai Lebih
17. Desa Ubud
18. Tegalalang Rice Field
19. Sungai Ayung
20. Tirta Empul Tampaksiring
[/one_third_bg]
 
[tg_divider style=”totop”]
 

Kabupaten Jembrana yang Diam-diam Menyimpan Eksotisme Mendalam

Nama Kabupaten Jembrana memang tak sepopuler nama-nama kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Bali. Namun, kalau sebutkan “Pelabuhan Gilimanuk” yang merupakan akses laut antara Pulau Jawa dan Bali tentu sudah tidak asing, bukan? Nah, pelabuhan tersebut secara administratif berada di Jembrana. Meski nama Jembrana belum begitu terdengar namun beberapa tempat wisata di Bali yang sangat eksotis namun jarang dijangkau ada di sini!

  1. Pantai Baluk Rening
  2. Pantai Baluk Rening menyajikan pemandangan eksotis yang menampakkan latar pegunungan Jawa Timur. Selain itu, tebing-tebing di sekitaran pantai juga menjadi daya tarik bagi kamu yang suka fotografi. Oh ya, jangan lupa untuk menunggu sunset di pantai ini karena akan menyerbakkan cahaya yang begitu menawan berbagai penjuru pantai. Dipercaya pula bahwa air laut di pantai tersebut dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

  1. Pantai Delod Berawah
  2. Pantai ini ditata begitu baik! Tempat wisata di Bali satu ini telah dibangun menjadi tempat rekreasi pula. Tak hanya pantai, kamu pun bisa berenang di kolam renang yang sudah ditata begitu baik. Salah satu ikon paling mencolok di kawasan pantai adalah patung putri duyung yang mempercantik kawasan pantai. Oh ya, pasir hitam pantai juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

  1. Desa Wisata Blimbingsari
  2. Desa wisata Blimbingsari yang ada di Kecamatan Melaya ini menawarkan tak hanya pemandangan menarik dari tata desa tetapi juga wisata edukasi serta religi. Tak hanya agama Hindu saja, lho! Kamu bakal menemukan gereja dengan konsep bangunan pura di Blimbingsari. Wajib kunjungi Blimbingsari bagi yang cukup bosan dengan pantai.

Sebenarnya ada banyak lagi pantai-pantai lainnya di Jembrana. Beberapa di antaranya adalah Pantai Pengeragoan, Pantai Pekutatan dengan pemandangan matahari terbenan dipadu dengan riak ombak yang begitu megah serta Pantai Medewi, Pantai Rambut Siwi dan Pantai Perancak.

Selain pantai, ada pula Bendungan Palasari, Taman Air Desa Gumbrih, Bendungan Benel, Tukad Gelar serta beberapa tempat lainnya.

Oh ya, jangan lupakan Teluk Gilimanuk yang telah disebutkan di awal. Kawasan Gilimanuk yang merupakan salah satu gerbang masuk Pulau Bali tentu menghadirkan beberapa spot menarik termasuk pula wisata kuliner. Salah satu yang cukup terkenal di Gilimanuk adalah Ayam Betutu Bu Lina.
 
[tg_divider style=”totop”]
 

Kabupaten Karangasem, Paket Wisata di Bali yang Lengkap dalam Satu Wilayah

Karangasem bisa dikatakan sebagai salah satu kabupaten di Bali yang sungguh istimewa. Paket wisata di Bali yang lengkap ada di sini! Bagaimana tidak, beragam destinasi populer Bali ada di wilayah kabupaten tersebut. Selain itu, di wilayah ini juga terdapat pantai, sungai, gunung, desa, bukit serta tentu saja pura terpopuler di Bali, Pura Pesakih.

  1. Gunung Agung
  2. Mari mulai terlebih dahulu dari Gunung Agung yang adalah gunung tertinggi di Bali. Terletak di ketinggian 3000-an meter di atas permukaan laut, Gunung Agung tentu saja berdiri megah di antara pemandangan lain di sekitarnya. Tak heran tempat wisata di Bali satu ini sangat populer, khususnya bagi para pendaki. Gunung Agung merupakan gunung berapi yang memiliki kawah besar yang kadang kala mengeluarkan uap air serta asap. Hmmm, menakjubkan! 

  1. Pantai Virgin
  2. Nama pantai tersebut adalah Pantai Perisi namun lebih sering disebut sebagai Pantai Virgin. Salah satu sebabnya adalah pantai yang masih bersih dan belum begitu ramai. Pasir putih berpadu dengan air laut nan biru merupakan paduan sempurna khas pantai dalam benak kita, bukan? Jika ingin rehat dengan hiruk-pikuk kota maka Pantai Virgin atau Pantai Perisi bisa kamu datangi.

  1. Bukit Jambul
  2. Bukit Jambul adalah perbukitan yang dapat dikatakan paling populer se-Bali dan bahkan hingga ke mancanegara. Persawahan dengan bentuk bertingkat atau terasering di perbukitan wilayah ini menjadi ikon Karangasem selain Pura Besakih. Tempat wisata Bali ini benar-benar cocok jadi latar belakang berfoto ketika ada di Bali.

    Pura Besakih sendiri merupakan pura terbesar di Bali dengan nilai sejarah, historis dan keagamaan yang begitu kental. Sempatkan untuk mengunjungi pura tersebut, ya! Tapi jangan lupa untuk berpakaian sopan sebagaimana mestinya ke rumah ibadah.

Kemudian, kamu bisa lanjutkan perjalanan ke pantai jika ingin mengeksplor pantai-pantai di Karangasem. Misalnya saja Pantai Padang Bai yang kaya terumbu karang dan Pantai Candidasa.

Lalu, ada pula Bukit Asah yang menyajikan pemandangan pantai dari atas perbukitannya. Sungai Telaga Waja cocok bagi rombongan yang gemar melakukan petualangan rafting. Sungai tersebut memiliki arus deras yang memacu adrenalin! Ada pula Desa Sangkan Gunung, Taman Tirta Gangga dan Taman Ujung.
 
[tg_divider style=”totop”]
 

Kabupaten Klungkung yang Kental Nilai Historis dan Keagamaan

Memang Klungkung tidak seperti Karangasem yang menyimpan wisata alam nan megah, namun menawarkan nilai historis dan keagamaan yang lebih banyak daripada Karangasem. Di wilayah ini, kamu akan lebih banyak menemukan sisi Bali yang begitu kental dengan nilai keagamaan dan historis. Ada banyak tempat-tempat suci kenamaan, seperti berikut:

  1. Kerta Gosa
  2. Tempat wisata religi ini merupakan satu bangunan dengan Taman Gili yang adalah bangunan berusia ratusan tahun. Tepatnya berdiri sejak 1686 dibangun oleh Dewa Agung Jambe. Kerta Gosa dan Taman Gili adalah objek wisata ikonnya Kabupaten Klungkung.

  1. Pura Goa Lawah
  2. Yang kedua cukup terkenal adalah Pura Goa Lawah. Pura tersebut berada di goa, sesuai dengan namanya, namun tidak sulit untuk mencapai tempatnya, kok. Jaraknya hanya sekitar 10 kilometer dari Semarapura Klungkung. Oh ya, tetap ya, jangan lupa untuk berpakaian sopan. 

  1. Pantai Kusamba
  2. Tak hanya wisata bernuansa religi saja, kok, Klungkung juga punya pantai layaknya wilayah Bali yang lain. Salah satunya adalah Pantai Kusama yang terbentang megah. Berada 7 kilometer dari Semarapura, pantai ini tak jauh dari Pura Goa Lawah. Pemandangan perahu-perahu nelayan menjadi salah satu daya tarik. Khususnya kamu yang senang fotografi pasti akan mendapatkan gambar-gambar bagus dengan latar humanis di sini! Keren deh.

Selain beberapa objek wisata yang telah disebutkan, beberapa tempat wisata di Klungkung lainnya masih ada lagi. Beberapa di antaranya adalah Museum Semarajaya, Desa Kamasan yang cukup banyak menjual lukisan dan kain khas Kamasan, Museum Nyoman Gunarsa, Goa Jepang, Puri Agung Klungkung, Desa Pesinggahan serta Sungai Melangit yang cocok untuk lagi lagi arung jeram. Yang agak berbeda dari arung jeram di Sungai Melangit ini adalah terdapat beragam tumbuhan yang cukup lebat di pinggir sungai.
 
[tg_divider style=”totop”]
 

Kabupaten Tabanan, Siapa yang Tak Kenal Tanah Lot?

Yap! Tanah Lot berada di Kabupaten Tabanan dan siapa yang tak kenal Tanah Lot? Hampir semua orang akan mengindentikkan Bali dengan Tanah Lot dan sebaliknya. Tak lengkap rasanya jika tidak berpose dengan latar pura yang ada di atas batu karang pada pantainya, bukan? Tentu saja, Tabanan tak hanya punya Tanah Lot yang sudah termashyur. Ada banyak lagi tempat wisata di Bali yang begitu dikenal namanya yang berada di kabupaten ini. Berikut beberapa objek wisata Bali yang ada di Tabanan selain Pura Tanah Lot:

  1. Bedugul
  2. Bedugul merupakan kawasan wisata dengan pura lainnya yang memiliki dua objek wisata yang begitu memukau sekaligus. Kebun Raya Bali serta Danau Bratan yang di tengah-tengah danau tersebut terdapat Pura Ulun Danu. Kawasan yang cukup tinggi tersebut cukup dingin dibandingkan dengan wilayah lainnya di Bali.

    Oh ya, sebagai informasi, Kebun Raya Bali merupakan kebun raya paling besar di Indonesia dengan luas sekitar 157 hektar! Wah, harus siap-siap tenaga untuk mengelilingi kawasan ini. Kamu tak cukup sehari untuk bisa menikmati wilayah Tabanan saja.

    Silahkan cek Paket Full Day Tour Bedugul di Qemana.com

  1. Taman Kupu-kupu
  2. Seperti namanya, di taman ini kamu akan bisa melihat beragam kupu-kupu cantik. Cocok bagi kamu yang suka kupu-kupu maupun fotografi. Tempat ini sangat cantik dan Instagramable. Berada di Kecamatan Penebel, kawasan wisata ini telah dibangun sejak tahun 1966.

  1. Jatiluwih
  2. Hampir sama dengan Bukit Jambul, Jatiluwih merupakan desa yang dengan panorama persawahan dengan konsep sawah berundak / bertingkat. Udaranya sangat sejuk karena berada di ketinggian 700 mdpl. Desa ini bahkan dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Ada banyak lagi objek wisata di Tabanan, termasuk pantai! Lagi-lagi pantai, ya. Sebut saja Pantai Yeh Gangga yang unik dengan Pura Batu Bolong-nya, ada Pantai Balian, Pantai Kelating, Pantai Pasut dan Pantai Soka. Kemudian, ada pula Air Terjun Blahmantung. Beberapa museum juga menghiasi kawasan Tabanan, seperti Museum Subak dan Museum Keramik Tanteri. Yang pasti, di Tabanan, ada banyak pura lainnya. Beberapa pura yang lain lagi selain Pura Tanah Lot adalah Pura Batukaru, pura di Alas Kedaton dan Puri Anom Tabanan.
 
[tg_divider style=”totop”]
 

Kota Denpasar “Jantung” Pulau Bali Tentu Tak Perlu Diragukan

“Jantung” Provinsi Bali ada di Denpasar selaku ibukota administratif provinsi tersebut. Tak heran, Denpasar sangat ramai jika dibandingkan dengan kawasan lainnya di Bali. Begitu sibuk dengan beragam kegiatan. Plus, kamu akan menemukan pusat kuliner pula di Denpasar!

Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Nasi Ayam Kedewatan yang berada di Jalan Tukad Badung, Nasi Ikan Mak Beng yang berada di dekat Hotel Radisson, ada pula Babi Guling Chandra di Jalan Teukur Umar. Tak hanya wisata kuliner, wisata belanja di daerah ini juga begitu banyak. Beberapa pusat oleh-oleh Bali terkenal ada di Denpasar, misalnya Toko Krisna, Toko Erlangga dan Pasar Kumbasari.

Mungkin kamu sudah bosan dengan mall? Eits, tapi kamu harus tetap menikmati suasana namun ala Bali. Mall-mall megah dengan konsep unik ada di Bali. Bangunannya tidak hanya bangunan kotak seperti mall biasanya namun sangat artistik. Beberapa mall yang wajib kamu sambangi ketika di Denpasar di antaranya Kuta Beachwalk, Discovery Shopping Mall, Mall Bali Galeria, Park 23, The Seminyak Village dan lainnya.

Objek wisata Bali di Kota Denpasar juga tak perlu diragukan lagi!

  1. Pantai Sanur
  2. Yap! Pantai Sanur adalah salah satu kawasan pantai paling ramai. Ombaknya yang cukup tenang menjadikan pantai ini cocok untuk sekadar berjalan-jalan dan menikmati hiruk-pikuk kawasan pantai. Pantai ini paling cocok untuk melihat matahari terbit. Jadi, siapkan diri untuk bangun pagi untuk melihat sunrise nan indah di Sanur. Ada banyak kafe dan penginapan di sekitaran pantai yang tak perlu bikin repot mencari tempat penginapan ataupun sekadar nongkrong kece.

  1. Museum Bali
  2. Museum ini cukup berbeda dari museum biasanya yang hanya mengandalkan ruang bangunan. Nah, Museum Bali memiliki kawasan pengarangan yang indah dengan corak bangunan khas Bali. Beragam koleksi seni dan kebudayaan Bali ada di sini. Tiket masuknya pun sangat murah!

  1. Hutan Mangrove Bali
  2. Hutan Mangrove Bali juga merupakan alternatif wisata khususnya di Denpasar. Hutan ini berlokasi di lahan seluas 1.300 hektar. Sangat luas, ya? Tenang ada cukup banyak gazebo yang tersedia di titik-titik tertentu di hutan sebagai tempat beristirahat.

Bicara istimewanya Denpasar tentu cukup banyak destinasi atau tempat wisata di Bali yang terkenal ada di Denpasar. Beberapa tempat lainnya yang bisa kamu sambangi, antara lain: Lapangan Renon, Taman Puputan yang sering dijadikan tempat pentas seni, Pasar Krenenf, Puri Santrian, Pura Agung Jagatnatha, Pura Sakenan, Taman Budaya, Desa Budaya Kertalangu serta Pantai Sindu.

Ada banyak lagi tempat wisata di Bali secara keseluruhan yang tak bisa disebutkan. Bicara Bali memang tidak ada habisnya. Namun, 9 kota dan kabupaten di Bali yang telah diurutkan di artikel ini semoga bisa membantu kamu mendapat gambaran mengenai peta wisata di Bali. Akan lebih baik lagi sebenarnya untuk mencari paket wisata Bali tertentu untuk bisa mengelilingi Bali secara maksimal dan efisien, apalagi kalau kamu dan rekan-rekan perjalanan tak punya cukup banyak waktu.

Selamat liburan, ya! Semoga perjalanan ke Bali dapat memberi kesan bermakna dan pengalaman wisata yang tak akan terlupakan.

Note: Buat yang pengen paket liburan ke Bali monggo dicek paket-paket dari Qemana.com

About the author

Saat ini aktif menulis cerita perjalanannya di Travel Blog virustraveling.com dan fokus mengembangkan Qemana.com agar bisa traveling terus.

Leave a Reply