Pantai Melasti, Surga Wisata Baru Para Beach Lovers

Qemana.com — Halo beach lovers! Punya rencana mau main ke pantai saat liburan ke Bali nanti tapi bingung mau ke pantai mana? Memang pantai di Bali itu banyak banget. Nah, kalau kamu masih bingung, ke Pantai Melasti saja yuk!

Tak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri untuk menikmati indahnya pantai berpasir putih dengan air laut biru yang jernih. Selain Pantai Kuta, masih banyak pantai di kawasan Nusa Dua dan Uluwatu sekitarnya yang tak kalah menarik lho. Salah satunya adalah Pantai Melasti ini.

Tak seramai Pantai Kuta dan Pantai Jimbaran, pantai ini memang belum begitu populer di kalangan wisatawan (baru-baru ini saja). Pantai ini masih tergolong baru dan masih dalam tahap pembangunan. Terlihat bagaimana Pemerintah Daerah Kabupaten Badung dalam beberapa tahun terakhir ini  memperbaiki akses dan fasilitas penunjang bagi para pengunjung.

Nah, karena Pantai Melasti ini masih belum begitu ramai seperti Pandai Pandawa yang masih satu garis pantai, maka Pantai Melasti ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin bersantai di pantai dengan tenang.

Kalau beach lovers penasaran dengan hal-hal menarik apa saja yang dapat kamu nikmati di sana. Simak informasi berikut ya.

 

Asal Usul Pantai Melasti

Namanya diambil dari kata ‘Melasti’ yang berarti upacara pemurnian Hindu Bali, berupa ritual rutin yang diadakan beberapa hari sebelum hari suci Nyepi.

Pantai ini mampu menarik perhatian wisatawan karena memiliki pemandangan yang begitu cantik. Berupa hamparan pantai panjang berpasir lembut sebagian, dengan pemandangan garis horizontal yang lebar dan pemandangan unik deretan dinding tebing bukit kapur yang besar.

Sebelum ada jalan akses yang dibuat oleh pemerintah, pantai ini disebut sebagai ‘pantai tersembunyi’, karena letaknya tepat di belakang bukit kapur. Dulu, pengunjung harus menuruni jalan kecil yang curam untuk sampai kesana. Saya ingat dulu cukup sulit sekali.

 

Objek dan Aktivitas Wisata

Di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas wisata seperti berenang, berjemur, menaiki kano, memancing di laguna pantai, menikmati sunset, dan juga snorkeling (untuk snorkeling kamu harus berenang agak ke tengah pantai dulu ya, agar dapat melihat indahnya koral, kepiting, gurita dan ikan-ikan disana).

Waktu paling pas untuk liburan ke pantai ini adalah pada musim kemarau, antara bulan Juli — September. Well, cuaca saat ini sedang tak menentu, bahkan hingga artikel ini di update (Des 2019), hujan masih sangat jarang.

Buat kamu yang hobi selfie, disana kamu bisa mengambil foto dengan banyak latar menarik, seperti gapura khas Bali di pintu masuk, dinding tebing bukit kapur yang besar, suasana sunset, dan juga pemandangan laut biru kehijauan. Tak heran pantai ini sering dimanfaatkan untuk lokasi foto pre-wedding.

 

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Umum

Untuk pantai secantik dan setenang ini harga tiketnya tergolong sangat murah, hanya Rp 5.000 saja. Belum termasuk harga parkir yaitu, Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Menariknya, pantai melasti juga sudah terdapat beberapa toilet umum (tapi kamu harus siapkan tissue sendiri) dan warung makan atau restoran (dengan harga terjangkau) di sekitar pantai.

Untuk fasilitas penginapan pun sudah lumayan banyak pilihan yang tersedia. Mulai dari yang murah hingga villa mewah. Dan ini yang paling penting untuk generasi milenial, sinyal telekomunikasi cukup baik. Jadi tak perlu khawatir tak bisa posting foto liburan di instagram kamu.

 

Cara ke Pantai Melasti

Kamu pasti sudah tak sabar ke pantai melasti kan? Agar tak tersesat, pastikan kamu memperhatikan informasi rute lokasi di bawah ini dulu ya.

  • Dari arah bandara Ngurah Rai, kamu bisa memilih antara 2 rute. Yang pertama,
    lewat Jalan Goa Gong dengan jarak sekitar 18 km dan waktu tempuh 39 menit
    perjalanan. Yang kedua kamu bisa lewat Jalan Dharmawangsa dengan jarak
    sekitar 23 km dan waktu tempuh 43 menit perjalanan.
  • Dari arah Kuta, jaraknya sekitar 9 km dengan waktu tempuh 25 menit.
  • Dari arah Denpasar, jaraknya sekitar 26 km dengan waktu tempuh 58 menit.
  • Dari arah Jimbaran, jaraknya sekitar 4 km dengan waktu tempuh 15 menit.

Untuk memastikan kelancaran lalu lintas dan memudahkan memilih rute, kamu bisa menggunakan aplikasi Maps seperti Google Maps.

Itulah rangkuman informasi yang dapat kami sampaikan seputar pantai melasti. Selamat berlibur bersama keluarga atau teman-teman ya beach lovers!