wisata di Jogja Pantai Kobra

Eksplor Pantai Kobra Jogja, Hati-hati banyak ular Kobra

Di antara pantai yang ada di Gunungkidul, rupanya terdapat pantai dengan nama yang memancing perhatian siapapun yang mendengar dan membacanya. Pantai Kobra. Kobra, seperti yang kita tahu adalah sebutan untuk sejenis ular berbisa, yaitu Ular Sendok. Entah apa yang mendasari sampai pantai ini diberi nama demikian. Namun yang pasti, jika kamu mencoba mengeksplorasi pantai ini kamu akan mendapati sebuah pantai yang masih sangat alami dan masih asli.

 

Mengunjungi Pantai Kobra

Dengan datang ke pantai ini, kamu akan menyaksikan pemandangan pantai yang berbeda dari pantai pada umumnya. Pertama, pantai ini tidak berpasir putih. Pantai ini justru dipenuhi tumbuhan rerumputan hijau sebagaimana bukit karst yang banyak mendominasi pantai-pantai di selatan Jawa. Kedua, pantai ini membentuk tebing. Jadi kamu tidak bisa langsung menyentuh perairannya, apalagi bermain-main di laut.

Sebenarnya pantai ini cukup nyaman untuk penggemar pantai yang menginginkan suasana tenang. Letaknya cukup terpencil, jauh dari hiruk pikuk kota. Ombak di pantai ini juga cenderung tenang. Sayang saja, tepiannya yang tidak menyatu dengan tepi laut tentunya tidak menjamin acara berenang akan nyaman. Tapi dengan kewaspadaan, kamu bisa koq sebenarnya, memancing ikan dari tepian tebingnya.

Menikmati pemandangan laut yang luas, dengan horizonnya tentunya menyenangkan. Kamu bisa menunggu sunset yang romantis di pantai ini karena bibir pantai tidak terdapat bukit yang menghalangi sebagaimana beberapa pantai lainnya. Topografi pantai ini memang berbukit-bukit, tapi itu kebanyakan berada di sebelah utara pantai.

Pantai yang didominasi tumbuhan ini tampak sejuk. Selain rumput yang mendominasi lahan pantai yang cukup luas, juga terdapat pepohonan milik penduduk setempat. Pantai ini memang belum terkelola oleh Pemda setempat. Dan pengunjung yang datang tentunya harus menjaga kondisi yang sudah ada, tidak membuang sampah sembarangan, atau merusak kondisi pantai yang alami ini dengan aksi corat-coret, misalnya.

Baca juga: Wisata Pantai Congot, liburan di hutan mangrove dan tepi pantai yang eksotis

 

Berminat mengunjungi Pantai Kobra yang alami ini?

Bagi penduduk kota, apalagi di era sekarang, di mana aktivitas sudah didominasi teknologi, pergi mengunjungi tempat dengan suasana yang masih alami adalah cara penyeimbangan. Wisata pantai dengan mengunjungi Pantai Kobra ini salah satunya. Pantai ini beralamat di Dusun Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Secara geografis pantai ini bersebelahan dengan Pantai Wohkudu dan Pantai Gesing. Sementara dari Kota Jogja berjarak sekitar 65 km, sehingga bisa kamu capai dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Rute yang bisa kamu tempuh yaitu, lewat Ringroad Selatan ke arah Jl. Imogiri Timur, lalu Tanjakan Siluk. Dari Siluk, arahkan kendaraanmu ke Panggang, lalu pada pertigaan SDN Sawah ambil jalan ke kanan, ke arah Warak Girikarto. Di Pertigaan Bolang belok kanan, kamu akan sampai di kawasan Pantai Gesing. Karena letak pantainya berdekatan, supaya tidak bingung kamu bisa menanyakan kepada warga setempat yang kamu temui.

 

Tips Penting liburan ke Pantai Kobra Jogja

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk menyusuri area pantai yang naik-turun.
  • Pantai ini masih benar-benar asli. Belum ada fasilitas seperti toilet (MCK) dan warung makan di sekitar pantai, untuk wisatawan yang datang. Kalaupun ada letaknya agak jauh. Jadi sangat disarankan untuk kamu membawa makanan dan minuman yang cukup.
  • Bawa ponsel dan kamera untuk kegiatan selfie! Yang pasti, selfie itu peting setiap kali datang ke lokasi baru. Apalagi kalau kamu lakukan bersama teman-teman seperjalananmu.
  • Kalau bisa, sebaiknya prediksi dulu cuaca saat akan pergi. Sampai di lokasi tentunya lebih enak saat cuaca cerah, bahkan tidak sempat hujan. Langit cerah, jalan di pantai juga lebih aman

Baca juga: Pantai Baron, Tempat Liburan dengan fenomena yang menakjubkan