+62 822 6006 5433 qemana@gmail.com
goa giri putri

Goa Giri Putri, Wisata Tak Biasa di Nusa Penida Bali

Goa Giri Putri merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup ternama di Bali. Berada di Nusa Penida, tepatnya di Desa Suana, Klungkung, Goa Giri Putri ini menawarkan sesuatu yang tidak biasa!

Mengapa tak biasa?

Tidak hanya menawarkan pemandangan di dalam goa yang spektakuler, Goa Giri Putri terdiri dari ruangan goa yang bikin tercengang pengunjung!

Keindahan Goa Giri Putri sangat cocok menjadi the next destination bagi yang ingin cari wisata yang berbeda. Bali sendiri memang tidak perlu lagi diragukan akan keindahan dan wisatanya.

Baca juga: Broken Beach Nusa Penida, tak akan bikin patah hati, deh!

 

Daya Tarik Goa Giri Putri yang Magis

Yang pertama kali akan menarik perhatian adalah penduduk lokal wilayah Klungkung, khususnya kawasan Goa Giri Putri, yang sangat ramah kepada wisatawan.

Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan dari luar negeri. Jadi, tak perlu ragu untuk berkunjung ke kawasan ini.

Sebagai informasi awal, Goa Giri Putri sebenarnya adalah pura yang berada dalam goa yang berada di ketinggian 150 meter dari atas permukaan laut dengan panjang 310 meter.

Ya, sesuai dengan konsep pura tersebut, kawasan ini memang sering dijadikan tempat ibadah masyarakat Hindu yang memang mendominasi Pulau Bali.

Nama Giri Putri sendiri diambil dari nama perempuan rupawan yang merupakan manifestasi Tuhan yang dipuja yang disebut sebagai Hyang Giri Putri.

Untuk bisa mencapai kawasan tersebut, pengunjung harus menaiki anak tangga berundak yang berjumlah sebanyak 110 anak tangga. Lumayan, ya?

Namun, rasa capai tersebut akan terbayar, kok!

Baca juga: Pantai Atuh Nusa Penida, si misterius yang menantang

Sesampainya di anak tangga teratas yang tempatnya disebut sebagai Padmasana, pengunjung akan dapat melihat lepas pantai dari atas. Angin semilir yang begitu sejuk akan menemani kegiatan kunjungan ke Giri Putri. Khususnya ketika ada acara persembahyangan, kamu akan bisa rasakan suasana lebih khusyuk lagi!

Nah, kemudian, kamu bisa lanjutkan ke goa utama yang menjadi ciri khas kawasan Goa Giri Putri.

Yang unik dan jadi daya tarik dari goa utama ini adalah pintu masuk mulut goa yang sangat kecil dibandingkan dengan goa-goa lainnya namun memiliki ruangan yang sangat luas di dalamnya!

Goa utama di Giri Putri memiliki pintu masuk hanya sekitar 70 cm saja. Jadi, saat memasuki goa utama tersebut, pengunjung harus jalan jongkok. Setelah melewati pintu masuk yang sangat kecil dengan panjang 3 meter tersebut, kamu bakal tercengang!

Mengapa?

Mulut goa yang sangat kecil tersebut ternyata menyimpan ruangan yang sangat luas. Ruangan dari goa utama Giri Putri dapat menampung pengunjung berjumlah sampai dengan 5000 orang!

Bagi yang sedang berkunjung ke Goa Giri Putri, terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa di antaranya adalah tempat beribadah, khususnya bagi umat Hindu, rumah makan, area parkir serta penginapan dan tempat istirahat dan lainnya.

 

Sejarah Goa Giri Putri yang Berasal dari Zaman Neolitikum

Goa Giri Putri diperkirakan sudah ada sejak zaman Neolitikum. Selain itu, goa tersebut juga merupakan goa terbesar yang ada di Nusa Penida, Bali. Goa Giri Putri diperkirakan terbentang sepanjang 262 meter dan berada 150 meter di atas permukaan laut. Terdapat stalagmit dan stalagtit serta saluran air dan hewan seperti ular dan kelelawar di kawasan tersebut.

Sebagaimana sudah sempat disinggung, penamaan Goa Giri Putri berasal dari kata Giri dan Putri.

Giri memiliki arti “bukit” dalam bahasa Indonesia. Sedangkan Putri berarti perempuan. Hyang Putri merupakan manifestasi dewi yang punya sifat merawat, melindungi serta mencintai manusia.

 

Cara ke Goa Giri Putri, Nusa Penida, Bali

Transportasi paling baik untuk mencapai kawasan ini adalah mobil ataupun sepeda motor pribadi. Alasannya kamu dan teman jalan akan lebih nyaman mengeksplor kawasan tersebut ataupun destinasi lainnya.

Namun, jika ingin coba kendaraan umum, kamu dapat menggunakan angkutan ke Pelabuhan Padang Bay. Kemudian, lanjutkan dengan perahu dengan tujuan Desa Suasana. Selanjutnya, kamu bisa berjalan kaki ke lokasi wisata Bali Goa Giri Putri. Sebisa mungkin datanglah ketika cuaca tidak hujan, ya.

Tertarik untuk mengunjungi kawasan Goa Giri Putri dalam waktu dekat?

Jika ingin ditemani oleh pemandu andal, coba untuk akses situs web Qemana.com saja! Beragam penawaran menarik untuk open-trip dan paket wisata lainnya tersedia di Qemana.