Broken Beach Nusa Penida Bali

Broken Beach Nusa Penida, Tak Akan Bikin Patah Hati!

Qemana.comBroken Beach Nusa Penida bisa disebut sebagai salah satu destinasi wisata yang kini sedang hits di Bali. Foto-foto dengan salah satu spot pantai nan jernih yang dikelilingi oleh karang berlubang meramaikan lini media sosial Instagram. Namun, meski hits, foto-foto yang dihasilkan terlihat ‘private’. “Surga tersembunyi” di Bali ini mesti jadi salah satu list daftar wisata Bali kamu tahun ini!

Dinamakan Broken Beach karena pantai yang ada di wilayah Nusa Penida Bali ini punya spot sebuah tebing dengan lubang di bagian tengahnya. Tingginya mulai dari 50 meter hingga 200 meter. Mirip hati kamu yang baru saja ‘patah’, ya? Hehe. Tenang! Broken Beach Nusa Penida malah tidak akan bikin kita semua patah hati! Terowongan raksasa di tengah laut tersebut malah akan jadi tempat menyenangkan dan berkesan ketika liburan di Bali. Sebagai informasi saja, nama sebenarnya wilayah ini adalah Pantai Pasih Uug. Lokasi tepatnya berada di Banjar, Sumpang, Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung di Bali.

 

Apa yang Istimewa dari Broken Beach Nusa Penida?

Sebagaimana sudah sempat disinggung di paragraf sebelumnya, terdapat spot yang Instagrammable di sana! Air yang sebenarnya berasal dari laut terperangkap di bagian tengah tebing sehingga mirip kolam raksasa. Tidak hanya itu saja, “kolam” tersebut sangat jernih! Coba lihat gambar berikut, atau telusuri di beragam foto yang ada di Instagram ataupu mesin pencari. Selain terlihat seperti “kolam”, patahan tebing di laut tersebut membentuk bolong yang menyerupai jembatan pula. Klop!

Lokasi wisata Bali yang sedang hits ini juga cocok bagi kamu yang gemar bermeditasi. Sekadar bersantai di tepi pantai juga boleh. Sepanjang mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan hamparan laut serta tebing-tebing unik. Deburan ombak juga akan menawan telinga seperti sedang mendengarkan musik. Oh ya, jika beruntung, dari atas tebing kamu bisa lihat ikan pari manta yang langka serta penyu berenang di tengah laut Pantai Uug / Broken Beach.

 

Rute Menuju Broken Beach Pantai Uug Nusa Penida

Nah, ingin segera ke sana? Yang pasti siapkan waktu dan dana menuju ke Bali terlebih dahulu, ya. Sesampainya di Bali, kamu dapat berangkat dari Sanur. Kamu dan rombongan perjalanan bisa gunakan speed-boat untuk mencapai Pulau Nusa Penida. Waktu tempuh dengan speed-boat sekiitar 30 sampai 45 menit dari Sanur. Harga tiket ferry ke Nusa Penida dari Pantai Sanur seharga Rp 100.000 ,-

Selain dari Sanur, Tanjung Benoa juga menyediakan fasilitas speed-boat. Atau, kamu bisa berangkat dari Padang Bay menggunakan kapal feri. Semuanya hanya sampai Nusa Penida-nya saja, ya!

Nah, selanjutnya dari sana sila cari transportasi menuju Pantai Uug. Kamu bisa gunakan mobil pribadi, sewa mobil ataupun menyewa motor. Sewa motor di Nusa Penida dibanderol sekitar 70ribu sampai dengan 100ribuan, sila negosiasi saja. Penulis Bobby Ertanto, virustraveling.com, beberapa kali kesana mendapatkan harga yang berbeda-beda, tergantung negosiasi.

Waktu tempuh tidaklah terlalu lama. Namun, perlu dicatat, rute menuju Pantai Uug belum sepenuhnya mulus. Ada cukup banyak jalan yang masih berbatu-batu. Jalanannya pun cukup sepi dengan deretan kebun kelapa serta ternak sapi. Jangan terlalu andalkan Google Maps karena sinyal timbul-tenggelam!

Saran terbaik adalah berangkatlah dengan pemandu lokal, atau kamu bisa ikut open trip seperti misalnya lewat paket liburan Qemana. Plus, tak perlu malu bertanya pada penduduk Nusa Penida. Warga Nusa Penida ramah-ramah, jadi tak perlu sungkan! Namun, sepanjang perjalanan menuju Pantai Uug, kamu akan semakin jarang bertemu rumah warga. Hanya sesekali saja akan melihat penduduk yang berjalan kaki. Iya, jalan kaki! Keren!

Yang pasti, saat sampai di kawasan Pantai Uug, segala jerih payah perjalanan kamu dan rombongan akan terbayar lunas bahkan lebih!

Eits, tunggu dulu, mungkin ini yang sedang kamu cari:
Bali Zoo Park Gianyar, Kebun Binatang Nomor 1 di Bali atau cek destinasi wisata Bali lainnya yang tak kalah seru.

About the author

Founder Qemana.com, Saat ini aktif menulis cerita perjalanannya di Travel Blog virustraveling.com.