+62 822 6006 5433 qemana@gmail.com
Biaya liburan ke Singapura

Panduan dan Biaya Liburan Ke Singapura (Update 2019)

Qemana.com — Singapura, negara kecil dan maju ini merupakan negara favorit untuk dikunjungi bagi orang-orang Indonesia. Selain untuk liburan, tak sedikit pula yang tinggal di Singapura, bersekolah, atau untuk berobat.

Banyak pula traveler pemula yang menjadikan Singapura sebagai negara pertama yang akan dikunjungi. Jaraknya yang begitu dekat dan harga tiket pesawat yang cukup terjangkau membuat Singapura menjadi pilihan yang tepat dikunjungi untuk sekedar melihat negara lain.

Nah, buat kamu yang ingin liburan ke Singapura, khususnya buat yang pertama kali akan mengunjungi Singapura. Berikut kami rangkumkan tips dan perkiraan biaya liburan ke Singapura hemat yang bisa kamu jadikan panduan.

 

Cari tiket murah ke Singapura

Tiket pesawat, boleh dibilang yang paling krusial dari segi budget karena merupakan bagian terbesar. Mencari tiket murah ke Singapura termasuk susah-susah gampang terlebih mendapatkan tiket promo.
Berdasarkan situs pencarian tiket pesawat Skyscanner, harga tiket termurah ke Singapura berkisar Rp 1 juta keatas di hari biasa dan akan lebih mahal saat weekend dan hari libur.

Tips:

  • Pilih tiket di hari biasa, bukan saat menjelang hari libur, karena sudah pasti harga tiket akan mahal
  • Bawalah bagasi yang ringan (backpack) sekitar 7Kg. Jadi kamu tak perlu menambah biaya bagasi.

 

Penginapan murah di Singapura

Untuk menghemat budget selama liburan ke Singapura, pilihan terbaik adalah memilih hostel sebagai akomodasi. Umumnya hostel jauh lebih murah daripada hotel, terlebih di Singapura.

Ada banyak pilihan hostel yang bisa kamu cari melalui situs booking online atau aplikasi booking seperti Booking.com atau Hostelworld. Harganya mulai dari Rp 300.000 untuk 2 (dua) malam. Tentunya, ada harga ada barang. Hostel dengan harga termurah umumnya hanya menyediakan fasilitas bunk bed mixed dengan kualitas bed yang standar dan sarapan roti.

Tentu, jika ingin berhemat, hal tersebut masih bisa dimaklumi. Mengingat seharian kamu bakal jalan-jalan mengelilingi Singapura, bukan. Jadi yang kita butuhkan adalah tempat untuk beristirahat dan mandi.

 

Transportasi di Singapura

Transportasi di Singapura yang paling umum digunakan oleh masyarakat lokal dan wisatawan yang sedang liburan ke Singapura adalah MRT. Ini asiknya, transportasi di Singapura itu sudah maju, bersih, rapi dan teratur.

Untuk dapat menggunakan MRT kamu bisa membeli EZ Link Card. Paling mudah kamu bisa mendapatkannya di stasiun Changi Airport saat tiba di Singapura. Harganya (Jan 2019) masih SGD12, sudah termasuk deposit SGD5 dan SGD7 yang dapat dipakai. Diakhir liburan, kamu bisa mengembalikan EZ Link Card untuk mendapatkan kembali deposit SGD5 tersebut.

Kamu juga bisa membawanya pulang ke Indonesia dan menyimpannya. Siapa tahu kedepannya akan kembali ke Singapura dan EZ Link Card ini masih bisa digunakan kembali karena masa berlakunya hingga 5 tahun.

 

Biaya makan di Singapura

Untuk biaya makan di Singapura kamu bisa mengalokasikan sekitar SGD5 — SGD10 untuk sekali makan. Jangan lupa untuk memesan penginapan yang sudah menyediakan sarapan pagi. Setidaknya dapat menghemat pengeluaranmu.

 

Tempat wisata di Singapura

Singapura memang terkenal mahal, termasuk tiket-tiket wisata yang ada disana. Namun, ada banyak juga tempat wisata di Singapura tanpa memungut biaya alias GRATIS dan tak kalah kerennya.

Beberapa diantaranya:

  • Garden by The Bay

    Yes, kamu bisa mengunjungi dan menikmati keindahan taman-taman bertema yang ada di Garden by The Bay.

    Nah, kalau kamu ada budget lebih dan penasaran ingin melihat kedua dome tersebut, kamu bisa membeli tiket Garden by The Bay di Qemana.com, tentunya dengan harga promo.

  • Marina Barrage

    Lokasinya berada di samping Garden by The Bay. Kamu bisa mengunjungi Marina Barrage setelah mengunjungi Garden by The Bay atau sebaliknya. Biasanya banyak warga lokal yang menghabiskan waktu disini dari sore menjelang sunset hingga malam hari.

    Jika pilihan pertama kamu mengunjungi Marina Barrage terlebih dahulu, setelahnya kamu bisa mampir ke Garden by The Bay untuk melihat pertunjukan lampu yang mengagumkan.

    Baca: Marina Barrage, tempat nongkrong asik sore-sore

  • Merlion Park area

    Area Merlion Park merupakan salah satu landmark kota Singapura. Hampir setiap hari wisatawan dari berbagai belahan dunia datang kesini. Buat kamu yang baru pertama kali mengunjungi Singapura, setidaknya harus kesini dan berfoto di depan patung singa Merlion.

    Tak hanya itu, dari Merlion Park, kamu bisa lanjut ke seberangnya yaitu Esplanade, menyusuri pinggiran teluk melewati Helix Bridge hingga ke Marina Bay Sands.

  • Henderson Waves Bridge

    Jembatan dengan desain dan arsitektur cantik ini bisa menjadi pilihan kamu untuk bersantai. Terlebih jembatan ini berada disamping Mount Faber Park yang hijau.

    Baca: Henderson Waves Bridge, jembatan cantik nan artistik di Singapura

Masih ada banyak lagi tempat-tempat di Singapura yang bisa kamu datangi tanpa dipungut bayaran. Tinggal siapkan kaki untuk berjalan jauh hehe…

 

Tempat beli oleh-oleh di Singapura

Tak asik rasanya jalan-jalan ke Singapura tidak membawa pulang oleh-oleh khas Singapura. Tentu jika kamu menyiapkan budget lebih untuk ini. Beberapa tempat yang bisa kamu datangi misalnya Bugis Street, Little India atau Mustafa Center.

***

Perkiraan biaya liburan ke Singapura

— Tiket pesawat PP, IDR 1.000.000
— Hostel 2 malam, IDR 300.000
— Transportasi, SGD20, Rp 211.000
— Makan SGD5 x 5 = SGD25, Rp 263.750
Grand total Rp 1.800.000,- (pembulatan)
Note. Perkiraan ini untuk perjalanan 3 hari 2 malam dengan Kurs SGD1 = Rp 10.550 (per 17 Mar 2019)